Admin G-Space, Thursday Aug 2022
Saluran pemasaran digambarkan sebagai sekumpulan orang, organisasi, dan aktivitas yang bekerja sama untuk mentransfer produk dan jasa dari titik asal ke titik konsumsi. Tujuan utama saluran pemasaran adalah untuk menciptakan hubungan antara bisnis dan calon pelanggan yang mungkin ingin membelinya.
Untuk produk fisik, ada empat tipe dasar saluran pemasaran :
Kenapa Marketing Channel penting ?
Ketika sebuah bisnis bersiap untuk menjual produk atau jasa tertentu ke pasar, maka harus mengembangkan dan menentukan strategi pemasaran yang akan digunakan untuk mempromosikan produknya di pasar. Strategi pemasaran yang efektif harus memperhitungkan 4 P pemasaran.
Elemen pertama dari strategi pemasaran adalah produk itu sendiri. Agar berhasil, bisnis harus mengembangkan produk yang ingin dibeli pelanggan, memenuhi kebutuhan mereka dan menawarkan fitur yang mereka inginkan. Produk harus dirancang untuk memberikan pengalaman pelanggan yang lebih besar dan dibedakan secara efektif dari merek pesaing dengan fitur nilai tambah.
Elemen kedua adalah harga. Bisnis harus menawarkan produk dengan harga yang sesuadi dengan nilai produk. Penetapan harga harus kompetitif dengan produk serupa di pasar sambil memperhitungkan faktor pembeda dan nilai yang mungkin melekat pada calon pembeli.
Ketika sampai pada dua elemen terakhir, tempat dan promosi, memahami saluran pemasaran sangat penting.
Untuk memenuhi elemen strategi pemasaran ketiga, sebuah bisnis harus memahami di mana pembeli mencari produk mereka dan membuat produk mereka tersedia di lokasi tersebut. Bagi banyak perusahaan teknologi, pelanggan akan mencari produk mereka baik secara online (penjualan langsung) atau dari distributor (penjualan melalui perantara).
Elemen terakhir dari strategi pemasaran adalah promosi. Berkaitan dengan identifikasi saluran terbaik di mana bisnis dapat mendistribusikan pesan terbaik tentang produknya ke target market. Promosi sangat penting bagi bisnis yang melakukan penjualan langsung, karena mereka tidak bergantung pada distirbutor atau grosir untuk mendorong penjualan mereka. Bisnis yang menjual produk mereka secara online harus mengidentifikasi saluran pemasaran digital yang menawarkan ROI terbaik.
Designed with Mobirise - Go here